Friday 12 February 2016

Usir Jerawat Dengan 6 Obat Herbal Yang Bisa Anda Temukan di Dapur

usir jerawat, cara menghilangkan jerawat, obat jerawat


Pasti Anda seringkali jengkel ketika Anda melihat jerawat yang tumbuh di wajah dan hal ini akan sangat menggangu, ketika Anda akan menghadiri sebuah acara pesta. Memencet jerawat juga bukanlah hal yang terbaik untuk dilakukan karena hal tersebut bisa menambah keparah pada jerawat. Tetapi Anda bisa merawat jerawat Anda dengan menggunakan enam obat herbal yang mudah Anda dapatkan di dapur Anda. Berikut obat herbal yang bisa Anda gunakan untuk mengobati jerawat di wajah Anda.

1. Lemon

Lemon mengandung vitamin C, fitonutrien, dan flavonoid yang memiliki antioksidan yang kuat serta tindakannya sebagai antibiotik. Radikal bebas yang ada di dalam tubuh Anda dapat merusak sel-sel yang dapat menyebabkan peradangan dan pembengkakan. Aksi radikal bebas ini bisa dibatasi dengan antioksidan yang ada di dalam lemon dan juga bisa digunakan sebagai obat yang sangat baik untuk jerawat. Penggunaan lemon juga dapat membuat kulit Anda lebih sensitif terhadap sinar matahari, oleh karena itu ketika Anda sedang menggunkan lemon pada wajah Anda disarankan untuk tidak keluar rumah.

Cara penggunaanya :
Peraslah lemon segar dan oleskan sedikit ke wajah Anda langsung ke jerawat.
Biarkan semalaman dan cucilah wajah Anda keesokkan harinya.
Menggunakan lemon juga memberikan tindakan pencegahan jangka panjang terhadap komedo yang bisa berubah menjadi jerawat.

2. Bawang putih

Bawang putih adalah salah satu makanan ajaib yang memiliki sifat obat yang luar biasa mulai dari untuk pencernaan ataupun tindakannya sebagai antibiotik yang memerangi kadar kolesterol tinggi. Bawang putih juga bisa dibilang memiliki aksi pembersihan racun dalam darah, yang membuat kulit bercahaya dan bebas dari jerawat.

Cara penggunaannya:
Kupas bawang putih dan gosokkan ke wajah Anda dimana jerawat telah tumbuh.
Anda juga bisa menggiling beberapa siung bawang putih lalu campurkan dengan sedikit dadih dan gunakanlah di daerah dimana jerawat Anda tumbuh.

3. Tomat

Tomat memiliki kadar asam yang sangat tinggi, sehingga dengan menggunakan tomat di wajah Anda dapat mengeringkan jerawat dan pori-pori kulit di wilayah tersebut bisa menjadi kencang.  Menggunakan tomat di wajah Anda juga dapat mengurangi sebum di pori-pori kulit yang menyebabkan jerwat tumbuh. Tomat juga kaya akan antioksidan dimana dengan menggunakan tomat akan mengurangi peradangan dan kerusakan kulit.

Cara penggunaannya:
Potong tomat menjadi dua, peras sedikit lalu oleskan pada wajah yang berjerawat.
Jika hal ini menyebabkan sakit pada kulit atau pengeringan kulit, tambahkan sedikit air sebelum digunakan.
Jangan lakukan ini lebih dari sekali atau dua kali dalam sehari karena bisa menyebabkan pengeringan yang berlebihan pada kulit yang bisa sangat menyakitkan.

4. Kayu manis dan madu

Kayu manis merupakan rempah-rempah yang umum digunakan untuk menambahkan aroma dan cita rasa yang berbeda pada makanan. Minyak esensial yang terkandung pada kayu manis juga memiliki sifat anti-mikroba yang kuat. Sedangkan, madu memiliki anti-bakteri dan juga memiliki sifat pelembab yang bisa Anda terapakan pada kulit wajah untuk mengobati jerawat. Mengingat bahwa jerawat sering timbul akibat infeksi dari dalam pori-pori kulit, menggabungkan kayu manis dengan madu merupakan obat yang cukup efektif.

Cara penggunaannya :
Campur bubuk kayu manis dengan sedikit madu untuk dibuat pasta, hindari menambahkan air karena akan merusak fungsi madu.
Oleskan sedikit pasta pada setiap jerawat, diamkan semalaman.
Cuci dengan air hangat keesokkan harinya, ulangi selama beberapa hari jika perlu.

5. Kunyit

Banyak orang berpendapat memercikkan sedikit kunyit pada luka akan membantu penyembuhan. Tetapi peneliti medis sekarang menemukan bahwa kunyit mengandung bahan yang membuatnya menjadi antimikroba yang kuat. Tidak heran bahwa banyak perempuan selalu menggunakan pasta kunyit untuk membuat kulit mereka menjadi sehat dan bercahaya. Meskipun Anda dapat menerapkan pasta kunyit langsung ke kulit, mengkonsumsinya langsung dengan susu hangat juga bisa menjadi obat yang efektif untuk membuat kulit mulus.

Cara penggunaannya :
Campur bubuk kunyit dengan sedikit minyak kelapa dan gunakan langsung ke wajah yang berjerawat di malam hari.
Keesokan paginya, cuci wajah Anda dengan air untuk menghilangkan pasta.

6. Fenugreek

Fenugreek atau methi memiliki beberapa keuntungan, bukan hanya untuk membantu menjaga kadar glukosa dalam darah pada penderita diabetes, tetapi juga bisa membantu menghilangkan komedo dan mencegah jerawat. Daun fenugreek merupakan bagian yang terbaik yang bisa digunakan untuk mencegah jerawat

Cara penggunannya:
Giling beberapa daun methi dengan sedikit air untuk dibuat menjadi pasta.
Pada malam hari, gunakanlah pasta ini ke area wajah yang berjerawat.
cuci dengan air hangat di pagi harinya.


Apa pun yang Anda lakukan, jangan memencet jerawat karena akan meninggalkan bekas luka yang sulit untuk disingkirkan. Jika masalah jerawat Anda masih terus berlanjut meskipun sudah menggunakan obat ini selama beberapa minggu, temuilah dokter spesialis kulit untuk penangnan yang lebih lanjut.


0 comments: