Friday 26 February 2016

5 Cara Untuk Menyelamatkan Bayi Anda Dari Gigitan Nyamuk

5 Cara Untuk Menyelamatkan Bayi Anda Dari Gigitan Nyamuk, cara menghindar dari gigitan nyamuk

Vektor penyakit adalah suatu organisme hidup yang dapat menularkan bibit penyakit dari satu hewan ke manusia. Penyakit ini bisa terjadi pada bayi dan anak-anak yang disebarkan melalui gigitan nyamuk. Karena tidak ada obat antivirus atau vaksinasi untuk memberikan pertahanan terhadap penyakit bawaan vektor, maka pencegahan sangatlah penting untuk dilakukan. Hal ini sangat penting untuk menyelamatkan anak Anda dari gigitan nyamuk dan memastikan Anda untuk memberikan perlindungan yang diperlukan bayi Anda agar tidak menjadi korban dari penyakit vektor. Ibu hamil, bayi, dan anak-anak adalah orang-orang yang paling rentan terhadap penyakit yang ditularkan melalui vektor, oleh karena itu mereka harus lebih berhati-hati lagi. Sementara untuk orang dewasa yang harus dilakukan adalah mencari cara untuk mencegah penyebaran dari penyakit vektor. Berikut adalah cara bagaimana Anda dapat menyelamatkan bayi Anda dari infeksi penyakit melalui vektor.

1. Menggunakan pakaian yang tertutup

Untuk bayi yang baru lahir pastikanlah bahwa Anda telah memakaikan bayi Anda dengan pakaian yang bisa menutupi seluruh tangan dan kaki, jika perlu gunakanlah kelambu untuk memberikan perlindungan yang ekstra. Menutupi bayi Anda dengan kelambu atau memberikan pakaian yang bisa menutupi seluruh bagian tubuh bayi Anda dari kepala sampai kaki, sangatlah penting untuk mencegah bayi Anda agar tidak terkena gigitan nyamuk. Anda juga bisa menggunakan sarung tangan atau topi yang dilengkapi dengan jaring tipis yang melekat untuk menutupi wajah bayi Anda. Jika Anda tinggal di daerah yang penuh dengan nyamuk, selain menjaga bayi Anda dengan pakaian tertutup atau menggunakan topi untuk membuat perlindungan, Anda juga bisa memakaikan bayi Anda dengan pakaian yang cerah atau terang agar tidak menarik nyamuk.

2. Memberikan perlindungan di dalam ruangan kamar

Untuk bayi yang berusia antara empat sampai dua belas bulan, Anda bisa melindungi bayi Anda dengan cara menutupi tempat tidurnya dengan kelambu, hal ini bisa menjaga bayi sepanjang waktu ketika mereka sedang tidur. Selain itu Anda juga harus melakukan pembershian dan mengganti air di pot tanaman, barang-barang plastik, bejana/tempat kosong, dan menjaga saluran drainase di dapur dan kamar mandi sehingga tidak ada air yang tergenang di sekitar kamar Anda. Genangan air di sekitar kamar dapat berfungsi sebagai perkembangbiakan nyamuk, oleh karena itu Anda harus melakukan bersih-bersih untuk mencegah penyebaran penyakit vektor. Anda juga bisa memasang jaring nyamuk pada jendela kamar Anda agar nyamuk tidak keluar masuk ke kamar Anda dengan mudah.

3. Hati-hati saat di luar ruangan

Jangan membawa bayi Anda ke daerah-daerah yang kotor yang rawan dengan nyamuk. Jika Anda tetap ingin melakukan perjalanan dengan bayi Anda, gunakanlah kendaraan yang tertutup dan berpakaianlah dengan benar. Jika Anda menggunakan kereta dorong untuk membawa bayi Anda, gunakanlah jaring untuk menutupi seluruh bagian atas kereta dorong. Hal ini akan membuat bayi Anda aman dari gigitan nyamuk ketika Anda berada di luar ruangan.

4. Gunakan pembasmi nyamuk bila memungkinkan

Bahan kimia yang terkandung dalam obat nyamuk kemungkinan memiliki zat-zat yang membahayakan bagi bayi Anda. jadi alangkah baiknya jika Anda hanya mengambil tindakan pencegahan untuk menyelamatkan bayi Anda dari gigitan nyamuk sampai ia sudah berusia enam bulan. Setelah bayi Anda sudah berusia enam bulan, Anda bisa menggunakan obat pengusir nyamuk herbal yang penggunaanya cukup aman untuk mengusir nyamuk. Tapi sebelum menggunakannya, berkonsultasikanlah terlebih dahulu dengan dokter Anda agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.

5. Memeriksa kebersihan lingkungan Anda

Pastikan bahwa tidak ada saluran ataupun lubang yang bisa menciptakan genangan air. Karena tempat tersebut cukup baik untuk perkembangbiakan nyamuk. Mengubur atau membakar barang bekas seperti botol plastik juga dapat mencegah nyamuk untuk berkembang biak. Lingkungan yang lebih bersih akan memastikan kesehatan yang lebih baik untuk bayi Anda dan juga orang lain.

0 comments: