Saturday 20 February 2016

Tidur Yang Tidak Memadai Akan Merugikan Penderita Diabetes Muda

  Tidur Yang Tidak Memadai Akan Merugikan Penderita Diabetes Muda

Penderita diabetes muda yang mendapatkan posisi tidur malam yang tidak cukup baik akan memiliki risiko besar. hal ini akan memperburuk kontrol gula darah dan bisa mengarah ke kinerja yang lebih buruk.
"Meskipun sudah mengikuti rekomendasi untuk menjaga kesehatan pada penderita diabetes, banyak pemuda dengan diabetes tipe 1 mengalami kesulitan untuk mengontrol gula darah mereka," kata kepala studi penyidik Michelle Perfect dari University of Arizona.

"Kami menemukan bahwa hal itu bisa terjadi karena kelainan pada tidur, seperti ngantuk di siang hari, tidur dalam posisi yang tidak baik dan posisi tidur yang sulit untuk bernafas. Semua ini akan menjadi lebih sulit lagi untuk mengontrol gula darah pada penderita diabetes, "katanya.

Studi ini meneliti kesehatan tidur dari 50 penderita diabetes tipe 1, yang berusia 10-16 tahun. Perfect dan rekan-rekannya membandingkan data dengan kelompok kontrol yang sama, tanpa penderita diabetes. Hasil dari diabetes tipe1 menghasilkan  kerusakan sel yang memproduksi insulin. Kurangnya insulin akan menyebabkan seringnya buang air kecil, rasa haus, kelaparan meningkat, dan penurunan berat badan, menurut pernyataan dari Arizona. Mereka menemukan bahwa penderita diabetes muda menghabiskan lebih banyak waktu untuk tidur daripada pemuda yang tidak terkena diabetes.

"Masalah tidur terus-menerus dikaitkan dengan pola hidup yang tidak sehat, kualitas hidup yang buruk dan kelainan sikap pemuda di siang hari," kata perfect.
Rekan perfect juga menemukan bahwa hampir sepertiga dari pemuda dalam penelitiannya, mereka memiliki gangguan tidur seperti sulit untuk bernafas ketika tidur.
peserta muda yang mengalami kesulitan bernafas ketika tidur menunjukkan kadar gula darah mereka secara signifikan lebih tinggi. pola penyakit ini  sama seperti yang dialami oleh  orang dewasa.

0 comments: