Monday 8 February 2016

Pengobatan dan Perawatan Diri Untuk Psoriasis

pengobatan psoriasis, perawatan untuk psoriasis

Psoriasis adalah kondisi kulit kronis yang menyebabkan kulit mengelupas, menyebabkan kulit kemerahan dan iritasi. Kebanyakan orang dengan psoriasis memiliki kulit tebal yang memerah dengan serpihan dan bercak yang berwarna keperakan atau yang biasa disebut dengan sisik. Banyak sekali orang yang takut dan gelisah bagaimana jika mereka terkena penyakit ini. Namun, Anda jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengontrol gejala dan mencegah infeksi psoriasis. Berikut ini adalah cara yang bisa Anda lakukan untuk mengontrol penyakit psoriasis.

1. Mengaplikasikan Topikal atau Menggunakan Krim/Salep

a. Dengan menggunakan salep dapat mengurangi peradangan, biasanya salep mengandung kortisol yang bisa mengurangi peradangan dan kemerahan pada kulit. Akan tetapi, karena salep bertindak dengan menekan kekebalan tubuh, sehingga memiliki beberapa efek samping. Hal ini juga dipercaya bisa membuat orang ketergantungan pada salep.

b. Salep yang mengandung aspal batu bara atau retinoid dapat mengurangi pergantian sel kulit. Cara kerjanya dengan memperlambat pertumbuhan sel dan menggantinya. Jika Anda sedang hamil atau berencana untuk hamil, Anda harus menghindari retinoid karena dapat menyebabkan cacat lahir pada janin.

c. Dapat mengurangi keparahan pada seseorang yang terkena psoriasis. Salep ini biasanya mengandung salisilat atau asam laktat.


2. Pengobatan sistemik seperti pil dan suntikan yang mengandung Methotrexate, Retinoid, Siklosporin yang telah diresepkan oleh dokter setelah konsultasi menyeluruh tentang kondisi kesehatan pada diri Anda. Karena sebagian besar obat-obat ini dapat memiliki efek samping yang parah, pastikan untuk memberitahu dokter Anda segala sesuatu tentang kesehatan Anda dan rencana Anda untuk hamil jika ada. Dokter Anda mungkin akan meminta Anda untuk melakukan beberapa tes darah secara rutin untuk memeriksa sistem kekebalan tubuh Anda.

3. Cara lain untuk mengobati psoriasis yaitu dengan cara menggunakan sinar ultraviolet (UV) atau disebut juga dengan fototetapi. Berikut jenis fototerapi yang bisa Anda terapkan.

a. Sinar UVB biasanya diberikan bersamaan dengan obat topikal atau sistemik lainnya.

b. PUVA (Psolaren plus ultraviolet A) merupakan Balok A sinar ultraviolet yang digunakan dengan Psoralea obat topikal yang dapat meningkatkan sensitivitas kulit terhadap cahaya.

c. Yang terakhir dengan menggunakan laser. Laser merupakan balok yang sangat terkonsentrasi dengan cahaya ultraviolet dimana hanya akan bekerja pada kulit yang sakit, sehingga dapat mengurangi efek samping pada pasien.


Terlepas dari obat-obatan, fototerapi dll, jika Anda sudah terkena penyakit psoriasis, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat diri Anda.

a. Merawat kulit Anda dengan banyak perawatan:
  • Potong kuku Anda secara teratur untuk menghindari garukan yang mungkin akan menyebabkan kambuhnya gejala psoriasis
  • Kenakan pakaian dengan bahan yang baik seperti pakaian katun
  • Tutup kulit Anda ketika musim dingin untuk menghindari paparan dari hawa dingin
  • Jaga jangan sampai kulit Anda terluka
  • Menjaga kelembapan kulit

b. Menerapkan gaya hidup sehat:
  • Berhenti merokok dan meminum alkohol
  • Menjaga berat badan Anda, namun sebelum memulai latihan konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda
  • Ambil teknik relaksasi seperti meditasi dan yoga untuk mengurangi tekanan mental
  • Hindari daging merah sebagaimana yang telah dianggap dapat meningkatkan peradangan di daerah yang terkena psoriasis
  • Sebuah paparan matahari pagi selama 15 menit (sebelum 9 AM) juga dapat membantu
  • Biji rami merupakan salah satu obat yang nampaknya cukup membantu pada penderita psoriasis




0 comments: