Monday 15 February 2016

Menggunakan perangkat pendengar(ipod), Akan Memungkinkan Anda Menderita Gangguan Pendengaran Awal

Menggunakan perangkat pendengar(ipod), Akan Memungkinkan Menderita Gangguan Pendengaran Awal

Satu dari empat remaja berada dalam bahaya, mereka akan kehilangan pendengaran awal yang diakibatkan mendengarkan musik secara langsung dari perangkat pendengar pribadi mereka (PLDs) seperti MP3 player dan iPod.
Perangkat pendengar pribadi seperti iPod dan MP3 player mempunyai suara yang baik, hal ini akan memungkinkan pengguna untuk mendengarkan lagu sebening kristal pada volume tinggi selama berjam-jam.

Namun menurut peneliti Tel Aviv University (TAU), ternyata kemajuan perangkat dari PLDs juga menjadi bahaya kesehatan yang cukup serius, remaja akan menghadapi risiko terbesar pada pendengaran mereka.
Satu dari empat remaja berada dalam baahaya yaitu kehilangan pendengaran pada usia dini akibat kebiasaan mendengarkan langsung dari perangkat pendengar, kata Chava Muchnik profesor audiologi di TAU Sackler Fakultas Kedokteran dan Sheba Medical Centre, International Journal of Audiologi melaporkan.

Bersama dengan rekan-rekan Ricky Kaplan Neeman, Noam Amir dan Ester Shabtai, Muchnik mempelajari kebiasaan mendengarkan musik remaja dan mengambil pengukuran akustik tingkat volume yang disukai untuk didengarkan, menurut pernyataan TAU.
Hasil menunjukkan dengan jelas bahwa remaja memiliki kebiasaan mendengarkan musik yang bervolume cukup keras ketika mereka menggunakan iPod dan perangkat MP3 lainnya.

Dalam 10 atau 20 tahun kemudian, masalah ini akan terlambat untuk disadari bahwa seluruh generasi muda akan menderita masalah pendengaran jauh lebih awal sebelum mereka meranjak ke usia lanjut" kata Muchnik.
Mereka yang telah menyalahgunakan MP3 player akan menyadari pendengaran mereka mulai memburuk pada usia awal 30-an dan 40-an.
Penelitian tahap pertama dilakukan pada 289 peserta yang berusia 13 hingga 17 tahun. Dan pada penelitian tahap kedua, pengukuran tingkat pendengaran dilakukan pada 74 remaja di lingkungan yang tenang dan berisik.

Temuan pada penelitian ini sangat mengkhwatirkan, kata Muchnik. Delapan puluh persen remaja menggunakan PLDs mereka secara teratur, delapan persen dari mereka mendengarkan PLDs lebih dari empat jam berturut-turut, dan dua puluh satu persen remaja yang menggunakan PLDs mempunyai waktu 1 sampai 4 jam setiap hari untuk mendengarkannya.

Hasil di ambil bersama-sama dengan pengukuran akustik, data menunjukkan bahwa seperempat dari peserta beresiko mengalami gangguan pendengaran yang cukup parah.

0 comments: