Saturday 13 February 2016

7 Manfaat Mangga Yang Luar Biasa Untuk Kesehatan

manfaat mangga, manfaat buah mangga untuk kesehatan

Mangga merupakan salah satu buah yang cukup banyak digemari. Buah yang banyak terdapat di daerah tropis ini memiliki rasa yang manis dan juga gurih. Buah mangga ini bisa Anda hidangkan dengan cara mengkonsumsinya secara langsung atau bisa juga dibuat menjadi jus. Selain itu, bukan hanya rasanya yang manis dan gurih, tetapi buah mangga juga memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari buah mangga.

1. Dapat memperkuat kekebalan tubuh

Menurut dokter, ukuran mangga normal lebih bergizi dibandingkan dengan mentega atau almond. Sehingga mangga dapat memperkuat dan menyegarkan semua saraf, jantung, jaringan dan otot di otak, dan juga bagian lain dari tubuh Anda. Buah mangga juga dapat membersihkan tubuh dari dalam dan membantu memperkuat kekebalan tubuh Anda.

2. Menurunkan resiko kanker

Mangga kaya akan serat makanan, vitamin, mineral, dan flavonoid poli-fenolik (senyawa antioksidan). Dan telah ditemukan bahwa mangga memiliki kualitas yang dapat melindungi terhadap usus besar, payudara dan kanker prostat serta leukemia.

3. Membantu menjaga penglihatan

Mangga merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin A dan flavonoid seperti beta-karoten, alfa-karoten dan beta-cryptoxanthin. Bersamaan dengan senyawa ini, mangga dapat membantu dalam meningkatkan dan mempertahankan penglihatan yang baik. Kandungan karoten dalam mangga juga membantu melindungi tubuh dari kanker paru-paru.

4. Dapat membantu menjaga tekanan darah

Mangga segar merupakan sumber potasium yang sangat baik. Ahli gizi mengatakan bahwa 100 g dalam buah mangga memberikan 156 mg potasium dan 2 mg untuk natrium. Kalium merupakan komponen penting untuk sel dan cairan tubuh. Kandungan ini juga dapat membantu untuk mengontrol detak jantung dan tekanan darah.

5. Memperbaiki kulit Anda

Buah mangga mengandung vitamin A yang dapat membantu menyediakan nutrisi penting dalam tubuh untuk menjaga kesehatan kulit .

6. Melindungi Anda dari penyakit jantung

Mangga juga merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin B6 (pyridoxine), vitamin C dan vitamin E. Vitamin C membantu tubuh untuk meningkatkan kekebalan terhadap infeksi dan scavenges radikal bebas yang berbahaya. Vitamin B-6 atau pyridoxine diperlukan untuk memproduksi hormon GABA (hormon yang diperlukan untuk menjaga otot) dalam otak. Hal ini juga membantu untuk mengontrol kadar homosistein dalam darah, yang mana membantu melindungi jantung dari CAD (penyakit arteri koroner) dan stroke.

7. Mencegah anemia

Buah mangga mengandung jumlah moderat copper. Copper merupakan faktor penting  dari banyak enzim, termasuk sitokrom c-oksidase dan superoksida dismutase. Copper juga dibutuhkan untuk produksi sel darah merah agar bisa mencegah anemia.

0 comments: