Tuesday 16 February 2016

6 Cara Untuk Membantu Bayi Anda Berbicara

cara membuat bayi berbicara, membantu bayi berbicara

Berbicara merupakan salah satu tonggak yang paling penting, hal ini menunjukkan bahwa bayi Anda akan mencapai usia belia.  Sebelum mencapai usia dua tahun, bayi Anda akan mempu bergumam beberapa kata dan pada suatu waktu bayi Anda akan mampu untuk membentuk sebuah kalimat. Tetapi bukan berarti Anda dapat duduk santai dan menunggu sampai sang bayi bisa berbicara sebuah kata-kata pertamanya dan membuat suara-suara dalam upaya berkomunikasi dengan Anda. Sebelum ia mulai bisa membuat suara dan mencoba untuk berbicara, Anda dapat melakukan sesuatu yang luar biasa dengan memperkenalkan dirinya dunia kata-kata agar bisa berbicara lebih cepat. Berikut ini adalah bagaimana cara Anda dapat membantu sang bayi berbicara.

1. Berbicara dengan bayi yang baru lahir

Berbicara dengan perut yang sedang mengandung dapat membantu bayi Anda untuk mengambil kata-kata lebih cepat setelah melahirkan dan juga membantu mengembangkan keterampilan sosial. Ketika Anda berbicara lebih sering dengan perut yang sedang mengandung dan terus melakukan hal yang sama setelah bayi Anda lahir, hal ini akan membuat otak bayi Anda mengingat kembali kata-kata yang Anda katakan ketika bayi masih di dalam perut, kata Dr Geetanjali Shah, dokter anak di Mumbai. Pembicaraan bayi Anda dimulai dengan suara gemericik dan suara tangisan selama beberap bulan kedua dalam hidupnya. Pada saat itu Anda perlu lebih mendorong beberapa kata dengannya. Bicaralah lebih sering dan memperkenalkan dirinya pada hal-hal yang ada di sekitarnya. Topik  pembicaraan yang terbaik  adalah berbicara tentang mainan dan memperkenalkan dirinya kepada keluarga Anda.

2. Bicaralah sesering mungkin dengan bayi Anda

Di dalam rahim, pendengaran bayi Anda akan terangsang sekitar 20 minggu atau lebih. Pada saat itu, Anda dapat berbicara dengan bayi Anda dan memperkenalkan dia ke dunia kata-kata dan suara. Hal ini juga membantu membangun ikatan antara ibu dan anak. Berbicara dengan bayi ketika dalam kandungan, hal ini akan membantu merangsang pendengaran dan membangun sinapsis atau sambungan neuron di otak yang bertanggung jawab untuk pendengaran, kata Dr Geetanjali Shah. Jangan hanya berbicara kata-kata saja, tetapi nyanyikanlah lagu-lagu dan lagu pengantar tidur juga. Hal ini membantu bayi Anda menangkap kata-kata lebih cepat ketika Anda mengucapkannya setelah lahir.

3. Memberikan buku cerita untuk anak Anda

Memperkenalkan bayi Anda dengan gambar dan kata-kata yang ada di buku-buku cerita akan membantu dia memilih kata dan informasi lebih cepat. Anda sudah dapat memulai memperkenalkan buku cerita kepada bayi Anda ketika sudah berusia empat atau enam bulan. Hal ini akan membantu perkembangan otak sang bayi juga. Arahkanlah ke gambar dan nama-nama benda sederhana untuk merangsang indra pendengaran dan juga memperkuat kemampuan berbicara bayi Anda. Gunakan kata-kata yang singkat dan kemudian berhenti sebentar. Hal ini akan memungkinkan bayi Anda untuk mengulang kata-kata yang Anda ucapkan dan mendorong interaksi dengan orang dewasa.

4. Memperkenalkan dunia sekitar kepada sang bayi

Dari umur 4 sampai 7 bulan dan seterusnya bayi Anda akan cenderung lebih banyak mengoceh dan juga memperhatikan perilaku orang tua mereka. Ketika bayi berada pada masa ini, perkenalkanlah dirinya pada sejumlah kata-kata dan beberapa kegiatan. Ceritakanlah tentang pekerjaan Anda, pekerjaan ayahnya, dan hal-hal yang ada di sekitar rumah Anda. Hal ini tidak hanya membantunya menangkap kata-kata tetapi juga dapat membantunya mengingat kata-kata atau suara dari orang tuanya. Anda mungkin akan melihat si kecil mengoceh ketika ia meminta sesuatu seperti mainan atau makanan. Tanggapilah permintaan si kecil bukan hanya dengan tindakan tapi juga dengan kata-kata. Ingatlah bayi Anda menangkap lebih banyak apa yang ia lihat di sekitarnya. Jadi jika bayi menginginkan sebuah mainan, katakanlah kepadanya bagaimana cara mengambil mainan tersebut. Hal itu akan membentuk suatu hubungan dari sebuah kata dan mempermudah mempelajari tentang lingkungan yang menyenangkan.

5. Memainkan suatu permainan dengan anak Anda

Memainkan beberapa permainan dengan anak Anda dapat membantu dalam perkembangan otak dan berbicara. Anda akan melakukan banyak pembicaraan dengan anak Anda, Ketika Anda bermain dengan Anak Anda, hal itu tentu saja akan membantunya belajar lebih banyak tentang keterampilan berbicara. Atau melakukan permainan lainnya seperti menunjuk ke gambar binatang, bunga, burung dll, Semua ini membantunya dalam fungsi kognitif dan perkembangan kemampuan berbicara juga.

6. Memulai percakapan kecil dengan anak Anda

Ketika bayi Anda berusia sekitar delapan atau 12 bulan ia akan melontarkan kata-kata mengejutkan seperti mama atau papa. Hal ini merupakan suatu awal yang baik untuk melakukan pembicaraan dengan anak Anda. Kemudian bertanyalah apa saja yang ia butuhkan. Ketika ia menjawab, hal ini akan mendorong bayi untuk mencoba berbicara atau mengoceh dan membantu otaknya untuk memproses sebuah informasi.

0 comments: