Wednesday 24 February 2016

5 Alasan Biji Rami Sangat Bagus Untuk Kesehatan Anda

biji rami sangat bagus untuk kesehatan, manfaat biji rami

Biji rami bukanlah salah satu makanan yang umum dalam menu makanan sehari-hari kita. Biji yang berwarna kecoklatan ini ternyata membawa banyak manfaat kesehatan yang mungkin tidak Anda ketahui. Biji rami mengandung asam lemak Omega -3 yang dikenal sebagai lemak baik, biji rami mengandung senyawa lignan yang kaya akan antioksidan dan biji rami juga memiliki kandungan serat yang bagus untuk kesehatan Anda, inilah alasannya mengapa biji rami bagus untuk kesehatan Anda.

1. Biji rami dapat membantu mengontrol diabetes

Kandungan senyawa lignan yang hadir dalam biji rami cukup dikenal untuk memperbaiki kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Dengan mengonsumsi biji rami setiap hari dapat membantu menjaga kadar gula darah Anda selama kurun waktu tertentu.

2. Biji rami dapat membantu mencegah timbulnya penyakit jantung

Biji rami sangat bagus untuk kesehatan jantung Anda. Biji rami tidak hanya membantu mencegah pembentukan plak dalam arteri Anda, tetapi mereka juga bisa mencegah terjadinya aterosklerosis yaitu suatu peristiwa ketika arteri menjadi kaku dan kurang elastis, biji rami bisa mengurangi tekanan darah, denyut jantung dan mengalahkan stres oksidatif (karena sifat antioksidan). Selain itu biji rami juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (atau kolesterol LDL).

3. Biji rami dapat mencegah timbulnya kanker

Tingginya kadar antioksidan dan asam lemak Omega 3 yang terdapat dalam biji rami, hal ini akan melindungi Anda terhadap penyakit kanker payudara, kanker prostat dan kanker usus besar. Kandungan lignin di biji rami secara khusus juga dapat melindungi terhadap tumor yang sensitif misalnya seperti tumor payudara yang sensitif terhadap hormon esterogen.

4. Biji rami dapat membantu mengurangi peradangan

Asam lemak omega 3, senyawa lignan dan ALA (asam alfa-linolenat) yang hadir dalam biji rami cukup dikenal untuk menghalangi pelepasan agen inflamasi dan kandungan tersebut juga sangat bermanfaat bagi pasien yang menderita penyakit seperti arthritis, dan penyakit Parkinson.

5. Biji rami dapat membantu meringankan rasa panas(hot flashes)

Hot flashes adalah masalah yang umumnya berhubungan dengan perempuan menopause. Jika Anda menderita kondisi seperti ini maka biji rami dapat membantu Anda. Sifat antioksidan dari biji rami dapat membantu mengatur ketidakseimbangan hormonal yang bertanggung jawab untuk rasa panas (hot flashes). Sebuah studi menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi satu sendok makan biji rami secara teratur akan mengalami penurunan 57% dalam intensitas hot flashes yang dialaminya.

Cara menggunakan biji rami
Anda bisa memulai mengonsumsi biji rami dengan  satu sendok makan bubuk biji rami setiap pagi dalam keadaan perut kosong dengan segelas air hangat. Atau, Anda bahkan dapat menambahkannya ke dalam minuman berenergi, jus segar  atau Anda juga bisa memasukkannya ke dalam makanan Anda dengan cara menaburi satu sendok makan bubuk biji rami ke dalam hidangan yang Anda masak.

Yang perlu Anda ingat Adalah Anda tidak boleh menaruh bubuk biji rami secara langsung kedalam minyak panas, karena panas yang berlebihan ini cenderung untuk menonaktifkan kandungan yang bermanfaat dari biji rami dan bahkan bisa menambahkan rasa yang pahit pada makanan Anda. Anda juga tidak boleh mengonsumsi lebih dari 2 sendok teh per hari, karena dapat menggangu kesehatan Anda.

0 comments: