Friday 19 February 2016

7 Makanan Penurun Kolesterol

7 makanan penurun kolesterol

Masalah kesehatan umum yang kebanyakan orang hadapi adalah tingginya kadar kolestrol jahat. Kolestrol dalam darah Anda biasanya berasal dari makanan yang Anda konsumsi yang membuat Anda memiliki kadar kolestrol jahat. Tapi tidak semua kolestrol buruk, ada juga kolestrol baik (HDL) yang sangat dibutuhkan untuk tetap sehat. Jumlah kolestrol jahat (LDL) yang meningkat akan memungkinkan Anda terkena risiko penyakit serius seperti penyakit jantung. Jika tes darah terakhir Anda menunjukkan bahwa Anda harus melakukan penurunan kadar kolestrol Anda. Berikut 7 makanan umum yang dapat membantu Anda menurunkan kadar kolestrol.

1. Bawang putih

Bawang putih sudah sejak lama digunakan sebagai bumbu dari berbagai macam makanan, dan sekarang penelitian menunjukkan bahwa bawang putih dapat mengurangi kolesterol jahat (LDL), mencegah munculnya tekanan darah, mengurangi kemungkinan serangan jantung dan juga bisa mencegah pengendapan plak pada dinding arteri. Hal ini karena bawang putih mengandung senyawa belerang yang berfungsi sebagai antioksidan dan juga membantu melebarkan pembuluh darah yang membuat tekanan darah berada pada tingkat yang normal.

Cara menggunakan bawang putih untuk menurunkan kadar kolesterol:
Hancurkan beberapa siung bawang putih lalu campurkan dengan segelas air putih untuk diminum, lakukan cara ini di pagi hari. Atau Anda bisa menambahkannya dalam makanan Anda sebelum di hidangkan, pastikan Anda menghindari memasak dengan microwave karena hal ini akan merusak unsur penting dalam bawang putih.

2. kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti almond, pistachio, hazelnut dan kenari merupakan makanan yang kaya akan asam lemak tak jenuh ganda yang bisa membantu menjaga arteri Anda untuk tetap sehat. Namun, pastikanlah Anda memakannya tanpa menggunakan garam atau gula karena akan lebih sehat bila dimakan biasa. Selain untuk menjaga jantung Anda agar tetap sehat, kacang-kacangan secara bersamaan juga bisa membantu Anda mengurangi risiko menderita penyakit serius lainnya seperti kanker dan penyakit pernapasan.

Cara menggunakan kacang untuk menurunkan kadar kolesterol :
Anda bisa menyajikannya sebagai cemilan, tetapi jangan makan terlalu banyak karena kandungan lemak di dalamnya dapat menyebabkan kenaikan berat badan pada tubuh Anda. Jadi makanlah sedikit kacang-kacangan sekali dalam sehari untuk menyehatkan jantung dan meningkatkan kolestrol yang sehat.

3. Fenugreek atau Methi

Biji fenugreek merupakan makanan yang kaya akan sumber saponin steroid yang dapat membantu mengurangi daya serap tubuh terhadap kolesterol yang masuk melalui makanan berlemak. Selain itu, peneliti juga berspekulasi bahwa saponin ini mungkin memiliki peran dalam mengurangi produksi kolestrol di dalam tubuh. Hal ini, bersamaan dengan hadirnya serat dalam kulit biji fenugreek yang membuat biji fenugreek menjadi senjata berharga untuk memerangi tingginya kadar kolesterol dan trigliserida. Terlepas dari itu semua, ternyata fenugreek juga dapat membantu menjaga kulit dan rambut agar menjadi sehat.

Cara menggunakan methi untuk menurunkan kadar kolesterol Anda:
panggang kering biji methi sampai mereka berubah menjadi cokelat. Biarkan hingga dingin lalu tumbuk sampai menjadi bubuk. Kemudian tambahkan satu sendok teh bubuk ini dengan segelas air panas lalu aduk sampai tercampur, minumlah sekali dalam sehari. Atau Anda juga bisa taburi sedikit bubuk ini di dalam masakan Anda.

4. Ikan

Spesies ikan tertentu merupakan sumber terbaik dari asam lemak omega-3 yang dapat melindungi jantung dan mengurangi kolesterol jahat (LDL). Ikan haring (Hilsa), salmon, ikan kembung (choti samudri Machli), sarden, halibut dan ikan trout merupakan sumber yang baik dari asam lemak. Mengonsumsi ikan tersebut dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dan minyak mereka dapat membantu mengurangi risiko diabetes.

Cara menggunakan ikan untuk menurunkan kadar kolesterol:
Jika Anda ingin mengonsumsi ikan tersebut, pastikanlah menyajikannya dengan cara di bakar atau mengukusnya karena jika Anda menyajikannya dengan cara lain seperti di goreng, hal itu bisa menghancurkan nutrisi di dalam daging dan akan memungkinkan menambah kandungan lemak yang tidak sehat.

5. Biji rami

Biji rami merupakan sumber makanan yang kaya akan asam lemak omega-3 yang memiliki tindakan perlindungan terhadap jantung Anda. Seperti fenugreek, biji ini juga mengandung banyak serat yang bersifat mengikat kolesterol dan mencegah penyerapannya. Menggunakan biji rami secara teratur bisa untuk mencegah terjadinya pengerasan pada arteri yang dikarenakan pengendapan kolestrol dan juga membantu mengurangi risiko penyakit arteri koroner dan hipertensi. Biji rami juga dapat membantu meningkatkan konsentrasi apolipoprotein A1 yang membentuk kolesterol baik (HDL).

Cara menggunakan biji rami untuk menurunkan kadar kolesterol:
Giling biji rami hingga menjadi bubuk lalu campurkan dengan air hangat, minumlah campuran inii dipagi hari. Anda juga dapat menambahkan bubuk pada makanan Anda sebelum disajikan.

6. Bawang bombay

Bawang bombay mengandung unsur yang disebut quercetin yang dikenal sebagai antioksidan yang kuat, hal ini berarti bahwa bawang bombay dapat mencegah kerusakan akibat radikal bebas pada jaringan manusia. Para peneliti telah menghubungkan quercetin di bawang bombay yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) serta juga dapat menurunkan tingkat kolesterol jahat (LDL).

Cara menggunakan bawang untuk menurunkan kadar kolesterol :
Anda bisa menggunakan sepotong bawang bombay pada salad Anda, hal ini merupakan cara yang baik untuk menuai manfaat dari bawang bombay.

7. Gandum dan kacang

gandum merupakan sumber yang kaya serat dan glucan beta. Saat ini gandum dapat membantu mengurangi tingkat keseluruhan kolesterol jahat (LDL). Kacang juga mengandung sejumlah besar serat dan dapat membantu untuk mengurangi penyerapan tingkat kolesterol dari makanan anda.

Cara menggunakan gandum dan kacang untuk menurunkan kadar kolesterol :
Anda bisa menggunakan gandum sebagai sarapan sehari-hari, hal ini merupakan cara yang bagus untuk membantu menurunkan kadar kolestrol Anda. untuk memasak gandum rebuslah  sebanyaknya yang dibutuhkan ke dalam air dan kemudian mencampurnya dengan susu atau buttermilk. Sedangkan untuk kacang Anda bisa mengonsumsinya sebagai snack atau cemilan.

0 comments: