Wednesday 10 February 2016

5 Alasan Mengapa Menangis Sebenarnya Baik Untuk Bayi Anda

5 alasan menangis baik untuk bayi, tangisan bayi, bayi yang menagis adalah sehat

Seringkali Anda tidak mengetahui mengapa bayi Anda menangis dan membuat Anda menjadi sedikit jengkel. Bayi yang menangis menunjukkan bahwa mereka menginginkan sesuatu dari ibunya dan naluri seorang ibu biasanya dapat merasakannya. “Melalui tangisan, bayi yang baru lahir dapat memberitahukan kebutuhannya dan ketika  sang ibu merespon, hal ini dapat memperkuat ikatan antara ibu dan anak, “kata Dr Geetanjali Shah, konsultan dokter dan anak. Ketika bayi menangis pasti kita akan menenangkannya dan semua orang tahu itu. Tapi beberapa orang membiarkan bayinya tetap menagis,  karena mereka tahu bahwa itu menunjukan tanda bayi yang sehat secara keseluruhan. Ingin tahu mengapa menagis baik untuk bayi Anda, berikut ini adalah penjelasannya.


1. Tangisan pertama bayi untuk mambantu paru-paru lebih kuat

Suara tangisan pertama bayi adalah suara yang pasti Anda sudah tunggu-tunggu untuk di dengar. Hal ini tidak hanya menandakan kedatangan bayi tetapi juga menandakan Anda akan memasuki fase yang baru dalam kehidupan. Tangisan pertama sang bayi juga dapat membantunya dalam bernafas dan membantu paru-paru untuk terbuka pada saat mengambil nafas. Meskipun sudah banyak orang tua percaya bahwa tangisan akan membantu paru-paru untuk tumbuh lebih kuat tetapi itu hanya berlaku untuk tangisan pertama sang bayi.  

2. Membantu bayi dalam berkomunikasi

Dengan tidak adanya tangisan, Anda tidak akan pernah bisa tahu apa yang diinginkan sang bayi. Bayi yang menangis bisa saja disebabkan karena berbagai alasan dan Anda bisa mengetahuinya hanya dengan mendengarkan nada tangisan sang bayi. Setiap nada tangisan menunjukkan kebutuhan bayi yang berbeda-beda. Ketika bayi Anda menangis, Anda sudah tahu apakah bayi itu kelaparan, kepanasan, kedinginan, perlu hiburan, perlu diganti popoknya, atau menagis hanya untuk mendapatkan perhatian. Dalam jangka waktu yang lama, masing-masing ibu biasanya sudah bisa membaca atau mengetahui mengapa banyinya menangis,”kata Dr Shah. Jadi, hanya tangisanlah yang bisa memberitahukan Anda kebutuhan sang bayi dan tangisan juga dapat berfungsi sebagai media komunikasi, semacam bahasa untuk sang bayi.

3. Membantu dalam kesehatan psikologis

Ketika Anda sedang merawat atau menenangkan bayi Anda, hal ini akan memberikan pesan ke bayi, bahwa dia tidak sendirian. Bayi yang baru lahir sangat sekali membutuhkan perhatian yang lebih dari Anda di bulan pertama kehidupannya. Hal ini membantu bayi merasa aman dan terlindungi. Bayi yang tumbuh dalam perawatan dan kasih sayang akan berkembang menjadi individu yang lebih baik. Seorang bayi yang diabaikan setiap kali akan tenang, hal ini akan menjadi suatu tantangan tersendiri bagi fisiologis kesejahteraan sang bayi.

4. Membantu untuk meregangkan otot

Jika Anda melihat lebih dekat pada bayi yang sedang menangis, Anda akan melihat banyak otot di seluruh anggota tubuhnya ketika sang bayi memutar atau berbalik badan. Hal ini merupakan latihan yang dilakukan pada dirinya sendiri untuk mambantu meregangkan ototnya. Jadi pastikan bayi Anda menangis bukan karena disebabkan oleh penyakit dan jangan meninggalkan bayi yang menangis terlalu lama.

5. Membantu menumpahkan beban emosional yang berlebihan

Saat ini air mata adalah cara terbaik untuk menumpahkan beban emosional yang berlebihan bahkan untuk bayi. Jika Anda sudah mengetahui mereka sedang mengalami luapan kemarahan dan Anda memilih untuk tidak mendengarkan sang bayi, hal ini jelas akan membuat bayi menagis.  Tetapi Anda jangan panik dulu, hal ini akan memungkinkan emosi yang keluar juga baik. Dengarkanlah bayi Anda pada saat ia menangis dan penuhilah kebutuhan atau keinginannya, apa yang Anda lakukan bisa mematahkan kemarahan sang bayi dan menurunkan emosinya juga.


0 comments: