Saturday 20 February 2016

6 Tips Sederhana Untuk Menurunkan Lemak Perut Pasca-kehamila

cara menurunkan lemak di perut setelah melahirkan

Banyak sekali wanita yang berusaha keras untuk menurunkan berat badannya pasca-kehamilan, terutama untuk menghilangkan lemak di perut, hal ini merupakan tantangan terberat bagi kebanyakan wanita. Namun, ada beberapa hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan lemak di perut dengan cepat. Rita Bakshi, ahli kandungan di International Fertility Centre, memberikan beberapa tips sederhana untuk membantu wanita menurunkan lemak di  perut dengan cepat, berikut beberapa tipsnya:

1. Mengonsumsi buah-buahan segar

Untuk menurunkan lemak di perut, aturan yang baik adalah dengan mengonsumsi makanan yang alami dan produk-produk yang lebih segar. Misalnya, memakan buah-buahan sesering mungkin. Sebuah studi yang dilakukan di Universitas Negeri Rio de Janeiro, Brasil menyimpulkan bahwa dengan mengonsumsi buah-buahan segar hal ini dapat menurunkan berat badan pada wanita yang baru saja melahirkan. Dalam studi ini, wanita dibagi menjadi tiga kelompok dan masing-masing kelompok diperintahkan untuk mengonsumsi apel dan gandum tiga kali sehari. Setelah 12 minggu mereka mengamati bahwa kelompok yang mengonsumsi buah-buahan mengalami penurunan yang signifikan pada tingkat glukosa dalam darah mereka dibandingkan dengan wanita yang mengonsumsi gandum. Kelebihan glukosa dalam aliran darah akan diubah menjadi lemak yang akan digunakan di masa depan. Oleh karena itu, mengonsumsi makanan yang dapat mengontrol kadar glukosa dalam darah Anda sangatlah penting untuk proses menghilangan lemak di perut. Disinilah buah-buah memiliki peran penting dalam hal ini, namun ketika Anda ingin menyimpan buah-buahan janganlah menaruh mereka dikulkas untuk waktu yang lama, karena hal itu mungkin akan menghilangkan zat antioksidan di dalam buah.

2. Mengkonsumsi makanan yang Anda masak sendiri

Jika Anda seorang ibu yang sedang berusaha untuk menurunkan berat badan, mulailah menghabiskan waktu lebih sering untuk memasak di rumah. karena dengan memasak di rumah Anda hal ini akan membantu Anda memakan makanan segar dan sehat yang membuat Anda mengonsumsi kalori lebih sedikit. Sebuah studi yang dilakukan oleh National Health dan Nutrition Examination Survey menyimpulkan bahwa makanan yang dimasak dirumah akan membantu menurunkan berat badan karena tidak mengandung bahan pengawet, zat aditif, dan kandungan lemak yang lebih sedikt dibandingkan dengan makanan olahan. Namun, ketika Anda lebih memilih untuk memasak dirumah hindarilah penambahan pewarna buatan atau zat aditif dalam masakan Anda.

3. Mengonsumsi sayuran yang berbeda-beda jenis

Dengan mengonsumsi sayuran  dan buah-buahan yang berbeda jenis tidak hanya baik untuk tubuh Anda, tetapi juga membawa variasi dalam diet Anda. Namun, jangan berlebihan memakan satu jenis sayuran tertentu. Cobalah untuk memakan banyak jenis sayuran, hal ini akan membawa keseimbangan dalam pola makan Anda. Jika Anda memakan banyak jenis sayuran, Anda mungkin akan mendapatkan banyak vitamin dari sayuran yang Anda makan. Jadi untuk menyeimbangkan diet Anda, cobalah untuk menghindari makanan yang sama setiap hari dalam seminggu.

4. Mengunyah makanan Anda

Mengunyah makanan Anda merupakan kegiatan yang sangat penting untuk mendapatkan kembali bentuk badan Anda. Mengunyah makanan dengan baik akan memastikan Anda membatasi jumlah asupan kalori yang masuk kedalam tubuh Anda dan mengunyah makanan Anda sampai halus juga akan membantu proses pencernaan makanan di dalam tubuh. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengunyah makanan mereka secara menyeluruh sebelum menelannya, mereka akan mengonsumsi lebih sedikit kalori dan akan membuat mereka merasa kenyang. Hal ini akan membuat mereka berhenti untuk makan yang berlebihan dan juga menghindari kalori yang berlebihan di dalam tubuh mereka.

5. Lakukan beberapa latihan

Jika kebiasaan pola makan Anda sudah benar tetapi lemak dalam tubuh Anda belum turun, itu berarti Anda harus melakukan beberapa aktivitas fisik untuk memaksimalkannya. Namun, sebelum Anda melakukan aktivitas fisik pasca-kehamilan, konsultasikanlah terlebih dahulu dengan dokter Anda agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan. Mulailah latihan fisik dengan berjalan cepat dan sedikit demi sedikit Anda dapat melanjutkannya ke latihan yang lain untuk meningkatkan kekuatan dan kelenturan. Mengembalikan perut kebentuk semula merupakan proses yang cukup membosankan, sehingga Anda harus memiliki kesabaran dalam melakukan latihan fisik.

6. Berlatih yoga

Berlatih yoga dengan teknik pranayama  akan membantu Anda menurunkan berat badan lebih awal dari apa yang Anda pikirkan. Berlatih yoga juga dapat membantu Anda melawan baby blues yaitu suatu kondisi dimana Anda mengalami rasa sedih dan khawatir pasca melahirkan. Sehingga dengan berlatih yoga akan membuat Anda makan lebih baik dan memotivasi diri Anda untuk berolah raga. Untuk memulai latihan Anda bisa bergabung dengan kelas yoga dan memulainya dengan teknik-teknik dasar, hal ini sangat baik untuk kesehatan fisik dan mental Anda.


0 comments: