Friday 4 March 2016

Penelitian Menunjukkan Bahwa Olahraga Dapat Mengurangi Risiko Terkena Kanker Usus

Olahraga Dapat Mengurangi Risiko Terkena Kanker Usus

Orang-orang yang aktif secara fisik memiliki risiko lebih rendah terkena kanker usus dibandingkan dengan mereka yang kurang aktif, menurut sebuah penelitian di Australia. Para peneliti di University of Western Australia (UWA) dan the Western Australian Institute for Medical Research (WAIMR) telah menemukan bahwa orang-orang yang melakukan aktivitas fisik yang berat dapat terhindar dari penyakit jenis kanker kolorektal.

Para peneliti meneliti 870 peserta yang menderita kanker usus dan kelompok yang tidak memiliki penyakit sebanyak 996 peserta.
Peserta dalam penelitian ini diminta untuk menjawab pertanyaan tentang aktivitas fisik mereka, gaya hidup, diet ,dan obat-obatan.

Mahasiswa UWA Terry Boyle, yang juga didukung oleh Lions Cancer Institute, mengatakan penelitian ini menegaskan penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa seseorang yang paling aktif secara fisik memiliki risiko lebih rendah terkena kanker usus dari pada yang sedikit aktif.
"Hal ini juga memberikan kita beberapa petunjuk tentang  jenis kegiatan apa saja yang paling efektif dalam mengurangi risiko terkena kanker usus," kata Boyle.
Studi ini menjelaskan bahwa seseorang yang melakukan aktivitas fisik yang berat secara teratur selama hidupnya memiliki 40 persen penurunan risiko terkena kanker distal (bawah) kolon dan rektum.

"Hasil ini menunjukkan bahwa aktivitas berat seperti jogging, bersepeda, berenang, tenis, hoki, netball dan sepakbola, akan memungkinkan kegiatan fisik tersebut paling efektif untuk menurunkan risiko terkena kanker usus," kata Boyle.
Temuan lain menunjukkan bahwa aktivitas fisik  yang dilakukan setelah usia 51 tahun mungkin akan lebih bermanfaat untuk mengurangi risiko terkena penyakit kanker usus dari pada harus melakukan aktifitas fisik sewaktu masih muda.

0 comments: