Tuesday 1 March 2016

7 Tanda-tanda Awal Kehamilan yang Harus Anda Ketahui

7 Tanda-tanda Awal Kehamilan yang Harus Anda Ketahui

Sebelum Anda menyadari bahwa Anda sedang hamil biasanya tubuh Anda akan memberikan pertanda dan sinyal-sinyal yang memberitahukan bahwa Anda sedang hamil. Hal ini karena kehamilan membawa banyak perubahan fisiologis yang terjadi pada seorang wanita. Banyak sekali wanita yang mengabaikan tanda-tanda awal pada kehamilan, mungkin karena disebabkan kurangnya pengetahuan akan tanda-tanda kehamilan atau juga mereka mungkin masih bingung mana tanda-tanda kehamilan dan mana yang tidak. Oleh karena itu banyak wanita yang gagal untuk mengenali tanda-tanda awal kehamilan, sehingga banyak wanita yang mengalami keguguran pada awal kehamilan. Di sisi lain mereka hanya melihat satu tanda-tanda kehamilan saja, yaitu terlambat datangnya menstruasi. Namun, terlambatnya menstruasi janganlah dijadikan patokan bahwa Anda sedang hamil. Anda harus bisa mengenali tanda kehamilan lainnya untuk memastikan bahwa Anda benar-benar hamil. Berikut adalah beberapa gejala awal kehamilan yang harus Anda ketahui.

1. Terlambat menstruasi

Ketika Anda melakukan hubangan seks tanpa menggunakan kondom dimana organ reproduksi Anda sudah matang dan pada waktu berikutnya Anda sudah tidak menstruasi lagi, hal ini bisa dijadikan indikator kemungkinan Anda sedang hamil. Menstruasi yang terhenti adalah gejala yang paling umum dari kehamilan karena dinding bagian dalam rahim mulai menebal untuk membantu implan telur yang akan dibuahi di dinding rahim, yang berarti perdarahan menstruasi Anda akan berhenti untuk membantu janin tumbuh di dalam rahim. Wanita yang memiliki siklus menstruasi yang teratur akan dapat memahami hal ini. Namun, keterlambatan dalam menstruasi jangan diartikan sebagai kehamilan, mungkin ada alasan lain mengapa Anda tidak menstruasi seperti gangguan hormon dan stress. jika Anda sudah tidak menstruasi lagi, segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan kehamilan Anda.

2. Mual dan muntah

Merasa mual dan ingin muntah merupakan tanda-tanda umum yang menunjukkan bahwa Anda sedang hamil. Rasa mual bisa terjadi karena hormon HCG meningkat sehingga menyebabkan rasa pedih pada sekitar lapisan perut, hal inilah yang membuat rasa mual muncul. Rasa mual yang biasanya muncul di pagi hari seringkali disebut dengan morning sickness. Rasa mual ini akan menghilang dengan sendirinya ketika Anda memasuki kehamilan pada trimester kedua. Jika Anda masih mengalami rasa mual pada trimester kedua, sebaiknya Anda memeriksakan kesehatan Anda mengenai hal ini.

3. Payudara yang menyakitkan

Payudara yang lembut dan penggelapan pada puting adalah salah satu tanda kehamilan. Hal ini terjadi karena kenaikan hormon yang disebabkan oleh implantasi embrio, sehingga Payudara akan terasa sakit dan nyeri bila disentuh. Selain itu payudara akan berubah bentuk menjadi lebih besar karena akan menghasilkan ASI untuk menyusui sang bayi.

4. Mengidam

Mengidam jenis makanan tertentu merupakan sesuatu yang biasa terjadi selama kehamilan. Wanita yang sedang hamil biasanya mendapatkan dorongan untuk memakan makanan tertentu yang jarang mereka makan. Mengidam merupakan hasil dari ketidakseimbangan dalam pola makan, jadi dengan memakan makanan kecil selama trimester pertama dapat membantu Anda mencegah mengidam. Ahli gizi percaya bahwa hal ini bisa diatasi dengan pola makan yang seimbang. 

5. Sering buang air kecil

Keinginan untuk buang air kecil yang meningkat bisa menjadi indikasi bahwa Anda sedang hamil. Hal  ini dikarenakan janin yang tumbuh di dalam rahim membutuhkan ruang yang lebih luas, sehingga kandung kemih di dalam tubuh menjadi tertekan. Akibat dari penekanan tersebut membuat kandung kemih lebih cepat di penuhi urine dan membuat Anda jadi lebih sering untuk buang air kecil. Peningkatan hormon kehamilan juga bisa menjadi faktor buang air kecil lebih sering.

6. Mudah lelah

Tanda-tanda kehamilan selanjutnya yang bisa Anda rasakan adalah Anda menjadi mudah lelah. Rasa lelah membuat Anda hanya ingin bersantai saja di rumah dan tidak ingin melakukan aktivitas apapun di luar rumah. Peningkatan hormon progesteron yang mungkin menyebabkan Anda mudah mengalami rasa lelah. Selain itu, penyebab lain dari rasa lelah mungkin dikarenakan oleh penurunan kadar gula darah atau tekanan darah.

7. Keputihan

kejadian umum lain pada awal kehamilan adalah keluarnya cairan yang berdarah pada 10-12 hari setelah terjadinya ovulasi. Hal ini adalah fenomena biasa yang terjadi ketika sel telur telah dibuahi ke dalam (dinding rahim) endometrium. Hal ini biasanya disebut dengan 'implantasi spotting'.

Jika Anda merasakan perubahan ini di dalam tubuh Anda, gunakanlah alat tes kehamilan yang bisa Anda beli di apotik untuk memastikan kehamilan Anda agar lebih akurat. Atau Anda bisa pergi ke rumah sakit untuk menanyakan kehamilan Anda dengan dokter kandungan.

0 comments: