Wednesday 9 March 2016

10 Penyebab Sembelit Yang Harus Anda Ketahui

10 Penyebab Sembelit Yang Harus Anda Ketahui

Sembelit merupakan suatu kondisi dimana Anda jarang sekali untuk buang air besar. Kadang-kadang orang yang menderita sembelit sangat tidak nyaman dan menyakitkan, hal ini biasanya dikarenakan oleh tinja yang mengeras dan mengering sehingga menjadi susah untuk di keluarkan. Gejala sembelit yang mudah sekali dilihat adalah ketika Anda tidak buang air besar selama 3 hari berturut-turut. Jika hal ini terjadi, sembelit dapat memiliki sejumlah efek buruk pada kesehatan Anda. Walaupun ada sejumlah pengobatan untuk memperbaiki kondisi ini, alangkah baiknya jika Anda mengetahui penyebab timbulnya sembelit. Mencegah timbulnya sembelit lebih baik dari pada Anda harus mengobatinya. Berikut adalah 10 penyebab sembelit yang harus Anda ketahui.

1. Asupan cairan yang rendah atau dehidrasi

Jika seseorang meminum air lebih sedikit dari yang dibutuhkan, hal ini bisa menyebabkan tubuh Anda menggunakan sumber daya lebih cepat. Tubuh Anda akan mencoba untuk mengimbangi kekurangan air dengan cara menyerap dari berbagai sumber, salah satunya yaitu dari limbah pembuangan tubuh yang menjadi target utama, Hal ini bisa membuat kotoran menjadi kering dan sulit untuk di keluarkan, sehingga proses ini bisa membuat Anda menderita sembelit.

2. Gaya hidup

Pada zaman yang serba modern ini hampir segala sesuatu dikerjakan oleh komputer, sehingga memaksa kita untuk duduk berjam-jam di depan layar komputer. Tubuh yang kurang bergerak akan menggangu metabolisme di dalam tubuh dan menghentikan produksi lendir (cairan penting yang digunakan untuk melumasi anus) sehingga bisa menyebabkan sembelit. Duduk selama berjam-jam juga dapat menyebabkan kerusakan pada tubuh Anda.

3. Meminum obat-obatan tertentu

Ada beberapa obat yang bisa meyebabkan Anda menderita sembelit, beberapa diantaranya adalah obat antidepresan, calcium channel blocking, dan diuretik (keduanya biasanya diresepkan untuk hipertensi dan penyakit jantung).

4. Kehamilan

Selama masa kehamilan Anda akan mengalami perubahan hormon secara drastis, hal ini yang bisa membuat Anda menderita sembelit. Alasan lain yang membuat Anda menderita sembelit adalah karena pertumbuhan janin yang memberikan tekanan pada saluran pencernaan.

5. Penuaan

Seiring dengan bertambahnya usia, fungsi tubuh seseorang juga akan berubah. Banyak peneliti menemukan bahwa di usia tua sejumlah orang menderita sembelit, hal ini dikarenakan tingkat metabolisme dan pencernaan yang lebih lambat.

6. Terlalu sering menggunakan obat pencahar

Kebanyakan orang menggunakan obat pencahar untuk melancarakan proses buang air besar. Obat pencahar telah diketahui dapat membuat orang kecanduan, yang berarti Anda akan semakin banyak menggunakannya, sehingga hal ini bisa membuat Anda menderita sembelit.

7. Kanker atau penyakit sistemik lainnya

Ada beberapa kondisi seperti kanker usus besar atau penyakit sistemik lainnya seperti diabetes, hipotiroidisme, dan penyakit Parkinson yang dapat menyebabkan sembelit. Dalam kasus seperti ini, hal terbaik yang bisa Anda lakukan adalah berkonsultasi dengan seorang dokter untuk mendapatkan bantuan medis.

8. Pola makan yang tidak seimbang

Pola makan yang tidak seimbang dan asupan gizi yang tidak terpenuhi akan memungkinkan Anda menderita sembelit. Konsumsilah makanan yang mengandung serat seperti buah-buahan dan sayuran yang bisa membuat proses buang air besar Anda menjadi lancar.

9. Susu atau produk olahan susu

Beberapa orang menderita kondisi yang disebut 'intoleransi laktosa', yaitu suatu kondisi yang terjadi ketika seseorang alergi terhadap susu atau beberapa produk olahan susu lainnya. Kondisi seperti ini dapat menyebabkan Anda menderita diare atau sembelit.

10. Menunda buang air besar

Meskipun Anda sedang menghadapi situasi yang tidak memungkinkan untuk buang air besar, menundanya bisa membuat Anda menderita sembelit. Hal ini dikarenakan anus yang telah dipenuhi oleh tinja tidak segera dikeluarkan.

0 comments: